Pages

Kamis, 26 Februari 2015

Kewirausahaan


Salam hangat bagi para pembaca, semoga Allah SWT selalu menjaga kita dalam lindungan-Nya.
Kita adalah rakyat Indonesia, kita hidup disebuah negara yang kaya akan sumber daya alam dan penuh dengan keanekaragaman. Namun masih terdapat banyak sekali orang-orang pengangguran yang terdapat terutama dikota-kota besar. Solusi dari pengangguran adalah pekerjaan. Namun timbul masalah baru, yaitu 'mengapa banyak sekali orang-orang yang sulit mendapat pekerjaan?' itu karena kita bergantung pada perusahaan-perusahaan besar, dan orang-orang hebat untuk memilih kita untuk menjadi pekerjanya. Padahal perusahaan-perusahaan besar milik negara maupun swasta sangat sedikit dibandingkan seluruh masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. Lalu apa solusinya? Itulah yang akan kita bahas sekarang, yaitu 'WIRAUSAHA'.

Bingung kenapa solusinya wirausaha? Karena dengan berwirausaha kita tidak perlu lagi bergantung pada perusahaan-perusahaan besar dan orang-orang hebat yang bahkan tak mengenal kita. Kita cukup bergantung pada diri kita sendiri dan menjadi pemimpin bagi diri kita sendiri. Dan kita juga memiliki sebuah lembaga koperasi simpan pinjam yang bertujuan untuk mendorong usaha-usaha perekonomian kecil. Jangan salah paham dulu, walau awalnya disebut usaha perekonomian kecil bukan berarti itu tidak bisa dikembangkan menjadi besar lho ya.

Sebenernya wirausaha itu apasih? kok sepertinya hebat banget?
Wirausaha adalah kemampuan kreatif dan inovatif untuk menciptakan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dengan mengoptimalkan segala daya upaya, seperti mencurahkan waktu, dana, psikologis, dan penerimaan penghargaan atas kepuasan seseorang. Wirausaha biasanya merupakan sebutan pekerjaan bagi seorang wirausahawan.

Lho? Wirausahawan? Itu apa lagi?
Wirausahawan adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi. Atau bisa diartikan juga sebagai seseorang yang melakukan aktivitas wirausaha. Dahulu seorang wirausahawan juga biasa disebut 'partikelir'. Wirausahawan juga dibagi menjadi 4 kategori, antara lain :
  1. Penemu, mendefinisikan konsep, unik, baru, penemuan atau metodologi.
  2. Inovator, menerapkan sebuah teknologi baru atau metodologi untuk memecahkan masalah baru.
  3. Marketer, mengidentifikasi kebutuhan di pasar dan memenuhinya dengan produk baru atau produk subsitusi yang lebih efisien.
  4. Oportunis, sebuah broker, pialang yang menyesuaikan antara kebutuhan dengan jasa yang diberikan dan komisi.
Nah, ada satu lagi nih yang perlu kalian tau tentang wirausaha, yaitu kewirausahaan.
Lho? Ada lagi? Itu yang seperti apa? kok banyak banget tapi ga ada bedanya?
Kewirausahaan itu adalah suatu ilmu yang mempelajari tenang nilai, kemampuan, dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya.

Sekarang biar kalian lebih mudah memahaminya, kita singkat yah. Jadi pada intinya wirausaha itu adalah kemampuannya, wirausahawan itu adalah orangnya, dan kewirausahaan itu adalah ilmu yang mempelajarinya.
Nah, itu semua baru perbedaan dasar istilahnya. Kira-kira apa aja sih sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan, antara lain :

  1. Keinginan untuk preferensi tanggung jawab atas risiko yang lebih besar, wirausahawan tidak mengambil risiko secara liar melainkan memperhitungkan terlebih dahulu risiko yang akan diambil.
  2. Keyakinan akan kemampuan mereka untuk berhasil. Biasanya memiliki kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka untuk berhasil.
  3. Keinginan untuk hasil segera.
  4. Tingkat tinggi energi, lebih energik daripada rata-rata orang.
  5. Orientasi terhadap masa depan. Berorientasi pada masa depan, wirausahawan kurang peduli dengan apa yang telah mereka lakukan kemarin dibandingkan dengan apa yang akan mereka lakukan besok.
  6. Keahlian dalam pengorganisasian, tahu bagaimana menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat.
  7. Secara efektif menciptakan sinergi antara orang dan pekerjaan, sehingga memungkinkan wirausahawan untuk mewujudkan visi mereka menjadi kenyataan.
  8. Nilai prestasi atas uang.

Sekian dulu artikel dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Salam hangat bagi para pembaca :)

0 komentar:

Posting Komentar